Pengantar Blog

Kata orang, "tak kenal maka tak sayang". Benarkah begitu? Tidak selalu, jawabnya. Semakin dilihat dari perspektif negatif tentu saja pengenalan ini bukan mendekatkan malah menjauhkan kita dari dia. Maka itu kenallah dalam perspektif positif, apapun yang dilakukannya, baik atau buruk, menyenangkan atau menyebalkan, adalah bagian dari proses kita memahami dan mencintai.

Namun yang perlu digaris bawahi adalah karena itu terjadi akibat rasa cinta dimana setiap orang ingin berbuat sesuatu di gereja ini.Jadi sumonggo saling belajar, sharing dan bertumbuh sebagai dalam persekutuan yang saling mengasihi dan membangun di dalam Tuhan Yesus Kristus.


Rabu, 30 April 2014

Artikel : Sejarah Gereja GKJ Bogor

 
 
PERMULAAN KEHIDUPAN SETELAH MENJADI WILAYAH GKJ JAKARTA
Kebaktian perdana GKJJ Wilayah Bogor dilaksanakan di rumah seorang warga jemaat di jalan Manunggal Bogor. Dalam kebaktian tersebut dihadiri oleh 15-20 orang.dan dilayani oleh majelis GKJJ Wilayah Depok. Diantara mereka yang hadir dalam kebaktian minggu itu kebanyakan masih menjadi anggota jemaat di gereja-gereja di sekitar Bogor. Artinya mereka belum attestasi pindah ke GKJJ Wilayah Bogor. Namun lambat laun mereka mengurus attestasi ke GKJJ Wilayah Bogor, sebagai konsekuensi logis. Semangat mereka dalam menjalani ritme kegiatan gereja sangat tinggi. Hal terlihat ada beberapa jemaat yang bercerita bahwa pada waktu ada warga jemaat yang mampu, yaitu mereka yang memiliki kendaraan roda empat, selalu siap sedia dengan tulus mengampiri (ampir-ampiran) warga satu dengan lainnya setiap ,ada kegiatan gereja. Tidak hanya itu dia juga bersedia mengantarkan kembali kerumah mereka satu persatu, setelah ibadah selesai, walaupun dalam situasi hujan sekalipun. Juga ada salah satu warga jemaat yang rela membawa kursi untuk sarana ibadah. Suasana seperti ini dilakukan setiap hari Minggu, bahkan setiap ada kegiatan gereja, seperti pemahaman Alkitab, persekutuan doa rumah tangga, latihan paduan suara, dll. Semangat kebersamaan ini berjalan begitu lama. Pernah suatu ketika pada perayaan Natal, seksi kosumsi diserahkah kepada warga jemaat yang berdagang bakso. Sehingga kosumsi perayaan Natal itu seluruhnya diwarnai dengan makanan bakso, yang disajikan oleh mereka para pedagang bakso. Suasana menjadi riang gembira pada perayaan itu. Warga jemaat merasa ada keterkaitan sesama saudara Kristen, terlebih para ibu-ibu yang dengan rela dan sukacita menyajikan makanan dan mencuci piring, sebagai ungkapan untuk membangun kebersamaan.

MENUMPANG IBADAH DI GKP SURYA KENCANA
Oleh karena hari demi hari jemaat makin bertambah, maka rumah salah seorang dijalan Manunggal sudah tidak menampung lagi untuk tempat ibadah. Sehingga ada upaya untuk menumpang ibadah di Gereja Kristen Pasundan Surya Kencana. Mengapa menumpang di GKP Surya Kencana, sebab ada beberapa orang Jawa Kristen asal GKJ yang menjadi anggota jemaat di gereja ini. Bahkan ada yang menjadi Majelis Di GKP. Oleh Majelis GKP diperkenankan untuk melaksanakan ibadah pada jam 06.00. Yang menarik perhatian ketika beribadah di GKP adalah, pada saat ibadah oleh karena waktu masih pagi hari, sering terdengar orang sedang mandi dan menyanyi di kamar mandi yang dilakukan oleh penunggu gereja. Sebab antara ruang ibadah minggu dengan kamar mandi hanya bersebelahan. Suasana ini mau tidak mau membuat ibadah minggu tidak khidmat dan umat merasa tidak khusuk dalam beribadah. Mengingat dan mempertimbangkan hal itu maka GKJJ Wilayah Bogor mencari tumpangan tempat lain. Di GKP hanya menumpang sekitar satu tahun.

MENUMPANG IBADAH DI GKP SURYA KENCANA
Oleh karena hari demi hari jemaat makin bertambah, maka rumah salah seorang dijalan Manunggal sudah tidak menampung lagi untuk tempat ibadah. Sehingga ada upaya untuk menumpang ibadah di Gereja Kristen Pasundan Surya Kencana. Mengapa menumpang di GKP Surya Kencana, sebab ada beberapa orang Jawa Kristen asal GKJ yang menjadi anggota jemaat di gereja ini. Bahkan ada yang menjadi Majelis Di GKP. Oleh Majelis GKP diperkenankan untuk melaksanakan ibadah pada jam 06.00. Yang menarik perhatian ketika beribadah di GKP adalah, pada saat ibadah oleh karena waktu masih pagi hari, sering terdengar orang sedang mandi dan menyanyi di kamar mandi yang dilakukan oleh penunggu gereja. Sebab antara ruang ibadah minggu dengan kamar mandi hanya bersebelahan. Suasana ini mau tidak mau membuat ibadah minggu tidak khidmat dan umat merasa tidak khusuk dalam beribadah. Mengingat dan mempertimbangkan hal itu maka GKJJ Wilayah Bogor mencari tumpangan tempat lain. Di GKP hanya menumpang sekitar satu tahun.

DARI GKP KE GEDUNG BETHEL
Merasa kurang nyaman ibadah di GKP, maka majelis gereja memberanikan diri mengajukan permohonan kepada majelis GPIB Zebaoth Bogor. Isi permohonan itu agar diperkenankan menumpang ibadah di Gedung Bethel yang terletak di jalan Jendral Sudirman no 44 Bogor. Permohonan itu diterima dengan baik dan warga jemaat dapat menumpang di gedung Bethel hingga sekarang. Di gedung Bethel inilah semua kegiatan gereja dilaksanakan. Kegiatan-kegiatan itu adalah : Rapat-rapat, ibadah Minggu, Pemahaman Alkitab, ibadah Sakramen Perjamuan dan Baptis, Sidi, dll. Disamping GKJJ Wilayah Bogor yang meminjam dan menempati ibadah di gedung Bethel, masih ada empat gereja yang ikut serta menumpang di tempat ini, yaitu; GPIB sendiri, GKPI, GKP Pomadi, dan GKMI. Sehingga pada hari Minggu dalam sehari penuh dari jam 07.00 – jam 19.00 gedung ini dipakai kegiatan ibadah Minggu. Setiap gereja diatur waktunya, yang mana dalam ibadah Minggu hanya diberi waktu ibadah selama dua jam. Akibat dari pembagian waktu yang sangat pendek ini adalah, apa bila salah satu gereja ibadahnya molor, maka gereja yang memakai kemudian juga ikut molor, juga gereja yang kemudian lagi ikut molor. Hal inilah sering membuat hati tidak enak dan ibadah dirasakan tidak “tentram dan damai”. Kadang kala banyak Majelis gereja yang menggunakan ibadah kemudian wajahnya kelihatan marah, tidak ada senyum yang keluar dari bibir mereka. Situasi seperti ini sering terjadi bahkan bisa dikatakan bisa setiap hari Minggu. Apa lagi bila ada acara-acara khusus, misalnya ada upacara sakramen baik perjamuan kudus, baptis, sidi, yang memerlukan waktu ibadah agak panjang dari biasanya, maka semakin ibadah itu diburu-buru dan tidak khidmad. Sehingga bagi warga jemaat yang akan menggunakan kemudian semakin tidak ramah, sebab mereka harus menunggu diluar gedung gereja

SEJARAH PULO ARMIN
Sebagai embrio dan langkah antisipasi awal untuk memiliki tempat ibadah sendiri maka pada tahun 2000, atas usulan warga jemaat, agar membeli ruko yang terletak di jalan Pajajaran, Komplek perumahan Pulo Armin, Baranang Siang, Bogor Timur. Ruko ini seluas 7 x 18 meter, dengan harga 200 juta rupiah. Usulan itu lalu dibawa dalam rapat majelis dan disetujui untuk membeli ruko. Dalam pengumpulan dana untuk membeli ruko ini, sangat terlihat semangat dan rasa kebersamaan diantara warga jemaat. Baik yang mampu dan tidak mampu bersatu padu mengumpulkan dana dengan suka rela. Iuran itu ada yang dicicil setiap bulan, tetapi ada juga yang sekaligus mempersembahkan. Dari semangat kebersamaan inilah dalam waktu tidak terlalu lama jemaat mampu membayar dengan lunas uang sebesar 200 juta itu. Dalam hal ini gereja Induk yaitu GKJ Jakarta memberikan dana tunai sebesar 30 Juta dan ada seorang warga GKJ Jakarta yang memberikan pinjaman lunak yang lumayan besar jumlahnya. Setelah memiliki rumah kegiatan, setiap hari ada saja jemaat yang hadir dan memelihara rumah kegiatan itu. Ada yang mengepel lantai menyapu halaman , membersihkan kaca, dll. Mereka biasanya datang bersama rombongan dengan sesama warga jemaat yang lain.. Setelah memiliki ruko sebagai rumah kegiatan, dalam diri mereka timbul rasa senang dan merasa dirinya ikut “handarbeni”. Rumah kegiatan itu dipahami sebagai milik bersama. Namun ada saja masalah, sebab dalam kebersamaan itu ada jemaat yang curiga, bahwa dalam pembelian ruko itu ada anggota jemaat yang mencari untung.. Pada hal ketika penulis mengadakan wawancara orang yang dicurigai itu, mengatakan bahwa ia sama sekali tidak memperoleh apa-apa dari pembelian ruko itu, alias tidak mencari dan mendapat untung. Semua itu ia kerjakan dengan tulus dan iklas, tidak ada motivasi cari untung.
Sampai dengan sekarang ini Ruko Pulo Armin dijadikan tempat melaksanakan kegiatan, tidak hanya untuk kalangan warga jemaat tetapi juga sering digunakan oleh para mahasiswa IPB, dll. Dalam waktu-waktu mendatang ruko ini akan dijadikan rumah ibadah sekaligus sebagai langkah antisipasi, apabila GPIB Zebaoth, tidak mengijinkan lagi beribadah di gedung Bethel. Maka sejak tahun 2004, sudah dibentuk Panitia Pembangunan Gereja, yang bertugas mengembangkan ruko menjadi tempat ibadah atau mencari lahan lain.
Selain warga jemaat Bogor memiliki ruko, juga telah memiliki tanah seluas 1200 meter dengan harga 10 juta, yang terletak di desa Cimahpar, Bogor Utara. Pembelian ini terjadi oleh karena ada warga jemaat yang mempunyai relasi dengan seseorang developer penyediaan perumahan di kota Bogor. Namun karena lahan ini belum ada sarana jalan, maka sementara dijadikan sebuah aset gereja. Bila dikemudian hari ada pengembangan kota Bogor dan sudah tersedia sarana jalan, maka bisa saja lahan di Cimahpar itu dapat dijadikan sebagai rumah ibadah GKJ Bogor.

 *Diringkas dari tulisan Pdt.Setyo Budi Purwanto yang berjudul : Perjuangan Mencari Identitas Merangkai Peran Umat dalam Sejarah Berdirinya GKJ Bogor

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut
     via email saya: (kabulayu18@gmail.com)
    Terima kasih semua.

    BalasHapus
  3. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut
     via email saya: (kabulayu18@gmail.com)
    Terima kasih semua.

    BalasHapus
  4. Halo semuanya, Nama saya Siska wibobo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus